Pemberitahuan


Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 45 Tahun 2014 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku di kementerian Hukum dan Ham RI, dengan ini diberitahukan bahwa terhitung sejak tanggal 3 Juli 2014 (SK Menteri Hukum dan HAM RI tertanggal 3 Juli 2014) pendaftaran dan pencetakan Pengumuman Badan Hukum dalam BN RI dan TBN RI melalui link berikut ini


Perum Percetakan Negara RI (PNRI)
Jln. Percetakan Negara No. 21, Jakarta Pusat (10560)
(021) 4221701-05 www.beritanegara.co.id

Kepada para Notaris dimohon untuk mengirimkan alamat kantor terkini untuk keperluan data Berita Negara/Tambahan Berita Negara
ke alamat E-mail: penjualanlrn@gmail.com
dengan Subject: Alamat Kantor Notaris.

Sejarah Berita Negara


Berita Negara (Bahasa Inggris: official gazette) adalah koran atau media resmi yang diterbitkan Pemerintah Indonesia untuk mengumumkan peraturan perundang-undangan dan pengumuman resmi lainnya.

Berita yang lebih rinci dapat diterbitkan Tambahan Berita Negara (supplement to gazette). Penerbitan Berita Negara dan Tambahan Berita Negara merupakan penerbitan berita resmi pemerintah Republik Indonesia yang otentik dan isinya dapat dijadikan referensi bagi negara dan masyarakat dalam menjalankan kehidupan bernegara. Penerbitan Berita Negara merupakan mekanisme penyebaran informasi perundang undangan dan/atau sistem dalam memberikan informasi publik kepada masyarakat secara luas.

● Bataviasche Koloniale Courant (1810)
● Java Gov Gazette (1813)
● Javasche Courant (1815)
● Kanpo (1943)
● Berita Republik Indonesia (1946)
● Javase Courant (1948)
● Berita Negara RIS (1950)
● Berita Negara (sejak 1950 hingga sekarang)

Seperti halnya negara-negara lain maka penerbitan Berita Negara pelaksanaannya dilakukan oleh percetakan pemerintah atau di Indonesia oleh Perum Percetakan Negara RI di Jl.Percetakan Negara No.21 Jakarta Pusat 10560.

Organisasi dunia yang anggotanya adalah penanggung jawab "Official Gazette" adalah IGPPA (International Government Printing and Publishing Association). Negara-negara Eropa yang tergabung dalam Uni Eropa membentuk Forum European of Gazette yang bertujuan untuk menciptakan transparansi dan keandalan penerbitan Gazette negara-negara EU.


 Berita Negara

Berita Negara (Bahasa Inggris: official gazette) adalah koran atau media resmi yang diterbitkan Pemerintah Indonesia untuk mengumumkan peraturan perundang-undangan dan pengumuman resmi lainnya.

 Regulasi Berita Negara

Regulasi Berita Negara :
  1. Staatsblad Tahun 1859 Nomor 99, Staatsblad Van Nederlands Indie.
  2. Staatsblad Tahun 1903 Nomor 122, Staatsblad Van Nederlands Indie.
  3. Baca Lebih Lanjut
---- oo0oo ----